Apa itu Akuntansi?


Accounting

Sebagai seorang pelajar yang menuntut ilmu di bangku kuliah, terkadang kita tidak sadar ilmu apa yang sedang kita pelajari.

“Saya adalah mahasiswi jurusan Akuntansi” demikian saya menjawab kepada tetangga saya. Lalu tetangga tersebut bertanya lagi “Apa itu Akuntansi?”

Apa yang akan Anda katakan kepada teman-teman, saudara-saudara, dan kepada orang lain mengenai pengertian Akuntansi? Apa itu Akuntansi?

Menurut Wikipedia akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”.Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan. Akuntansi keuangan adalah suatu cabang dari akuntansi dimana informasi keuangan pada suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan.

Baiklah demikian adanya akuntansi didefinisikan sebagai sebuah ilmu dan seni, tetapi kemudian apakah orang awam mengerti definisi serumit itu? Mungkin jika didefinisikan sebagai ilmu, banyak yang beranggapan bahwa akuntansi adalah ilmu berhitung. Lalu, bagaimana dengan matematika? Apalagi bila dikaitkan dengan seni. Apakah akuntansi tampak seperti seni seperti layaknya melukis dan bermain musik?

Saya akan memberikan sebuah tips untuk Anda dalam menjawab apa yang ditanyakan tetangga saya seperti saya kutip dari perkataan dosen saya.

Jika tetangga Anda bertanya apa itu Akuntansi katakan saja “Akuntansi adalah proses. Jadi yang saya pelajari selama ini adalah proses.” Mungkin tetangga Anda akan menyambung kembali, “Proses apa?” Inilah saatnya kita melakukan diskusi yang hangat bersama tetangga sambil menyantap pisang goreng dan teh hangat di rumah tetangga.

Akuntansi adalah sebuah proses mengidentifikasi, mengukur, mencatat, dan melaporkan transaksi atau kejadian ekonomi keuangan suatu organisasi. Hasil dari proses ini adalah informasi keuangan. Informasi keuangan inilah yang nantinya akan digunakan oleh pengguna informasi dalam pengambilan keputusan. Ceritakan saja secara singkat kepada tetangga Anda mengenai sebuah kejadian ekonomi. “Saya hari ini pergi ke pasar membeli ikan kakap dan bumbu dapur lain untuk membuat balado kakap dengan uang belanja yang diberi oleh Ibu saya. Balado kakap itu nantinya akan saya jual kepada Bu Anis. Oleh karena itu, setelah saya membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dan memasaknya. Ibu Anis datang kepada saya dan memberi saya uang. Nah, sebagai seorang mahasiswi akuntansi yang baik saya mengidentifikasi kejadian ekonomi ini sebagai penjualan. Sepiring balado kakap ini akan saya ukur dalam mata uang Rupiah yaitu seharga Rp 30.000,00. Penjualan balado kakap seharga Rp 30.000,00 ini kemudian saya catat dalam buku notes saya, bahwa hari ini saya menggunakan uang belanja ibu dan menjual ikan kakap seharga Rp 30.000,00 kepada Ibu Anis. Kemudian notes saya, saya berikan kepada ibu saya sebagai laporan bahwa uang belanja sudah saya belanjakan untuk memasak balado ikan yang saya jual kepada ibu Anis. Sederhananya semacam itu. Tetapi Ibu/Bapak, yang saya pelajari di bangku kuliah tidak sesederhana ini. Selama di bangku kuliah saya belajar mengenai kejadian-kejadian ekonomi yang tidak biasa, yaitu kejadian ekonomi di sebuah organisasi. Perlu analisis yang tepat bagi saya untuk mengenali gejala kejadian ekonomi yang banyak dan tidak biasa yang membuat saya perlu untuk mempelajarinya secara mendalam. Akuntansi bukan sekedar menghitung seperti Matematika atau mencatat seperti sebuah seni yang menuntut keindahan. Akuntansi adalah sebuah proses yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari”.

Mungkin jawaban ini dirasa cukup untuk menjawab pertanyaan orang awam yang tidak mengetahui mengenai Akuntansi. Semoga dengan jawaban ini, tetangga Anda juga akan berminat untuk mempelajari Akuntansi. Lumayanlah untuk menambah porsi jumlah akuntan di negara kita.

Salam Akuntansi \(^0^)/

Yogyakarta, 17 Mei 2011 oleh: Bernadeta Anggreni


Categories: Accounting Side | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “Apa itu Akuntansi?

  1. ozy sibelis

    oewww gt thooo ..

  2. Asyik bikin blog juga… templatenya sama pula, pasti terinspirasi dari aku… haha… ayo tukeran link blog…
    Salam Akuntansi…

  3. Luch

    Niiikkk.. Bukannya Wikipedia itu source bebas, jd kurang bagus klo buat sumber di artikel.. Hehehe.. Mending cari website atau buku yg bener2 membahas suatu hal berdasarkan kata ahlinya.. Saran aja si.. After all your article is so good.. Lanjutkaaannn!

    • Iya memang Wikipedia itu source bebas, makanya terkadang definisinya tidak tepat. Makanya, aku perjelas aja definisi akuntansinya menurut definisi dari AICPA yang kubahasakan sendiri intinya. makacih Mbotj… :*

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 61 other followers

